Varises Esofagus Adalah Penyakit yang Mematikan, Apa Saja Penyebabnya?

Varises esofagus adalah sebuah penyakit yang menyebabkan pembesaran pembuluh vena secara abnormal yang terletak pada esofagus. Esofagus ini adalah pipa yang menghubungkan kerongkongan dan lambung.

Varises ini terjadi saat katup vena mengalami penurunan daya atau rusak dan dinding vena menjadi renggang sehingga menyebabkan aliran darah menuju hati menjadi terhalang oleh gumpalan atau jaringan parut pada hati. Penyumbatan ini yang memicu adanya aliran darah ke pembuluh vena yang berukuran kecil di area sekitarnya.

Menurut Halodoc, Jika pembuluh darah tersebut pecah, maka akan terjadi pendarahan. Ukuran varises dan resiko pendarahan ini dipengaruhi oleh tekanan darah pada sistem portal hati. Apabila terjadi pendarahan berpotensi mengancam jiwa, kondisi ini harus segera dibawa ke rumah sakit. Penyakit varises esofagus ini sangat umum dan dapat terjadi pada pasien di usia berapa pun.

Dilansir dari Hellosehat, Penyebab varises esofagus ini dikarenakan oleh hipertensi portal, yaitu kondisi dimana tekanan darah tinggi pada pembuluh vena portal yang membawa darah ke hati. Tekanan tersebut akan menjadikan darah mengalir ke pembuluh darah lain yang berukuran kecil yang tidak mampu menampung darah dalam jumlah banyak, sehingga pembuluh darah menjadi pecah. Nah, berikut ini faktor dan kondisi kesehatan yang memicu hipertensi portal, seperti:

  1. Hal yang dapat memicu hipertensi portal adalah komplikasi dari sejumlah hati, seperti trombosis vena portal, hepatitis akut, sirosis, serta fibrosis hepatik bawaan. Sebagian besar varises esofagus diderita oleh pengidap penyakit hati kronis.
  2. Gangguan liver lainnya.
  3. Kekurangan gizi.
  4. Peningkatan tekanan dalam perut.
  5. Konsumsi minuman keras jangka panjang.
  6. Konsumsi obat anti inflamasi non-steroid.
  7. Infeksi bakteri.
  8. Infeksi parasit dari schistosomiasis.
  9. Budd-Chiari Syndrome adalah suatu kondisi langka yang menyebabkan penggumpalan darah yang memblokir pembuluh darah yang membawa darah keluar dari hati anda.

Faktor resiko varises esofagus adalah sebagai berikut.

  1. Memiliki tekanan tinggi pada pembuluh darah portal. Risiko perdarahan pada varises esofagus akan meningkat seiring dengan jumlah tekanan pada vena portal.
  2. Adanya tanda merah pada varises. Jika dilihat melalui endoskopi, yaitu tabung berlampu yang diturunkan ke dalam tenggorokan anda, beberapa varises menunjukkan garis-garis merah yang panjang atau bintik-bintik merah. Tanda-tanda itu menunjukkan akan tingginya risiko perdarahan.
  3. Memiliki varises besar. Semakin besar varises, semakin besar kemungkinan mereka mengalami pendarahan.
  4. Minum alkohol dalam waktu lama. Jika penyakit hati anda terkait masalah alkohol, risiko perdarahan varises akan menjadi jauh lebih besar jika Anda terus minum daripada jika anda memutuskan untuk berhenti.
  5. Mengidap sirosis parah atau gagal hati. Dalam banyak kasus, semakin parah penyakit hati anda, semakin mungkin juga terjadi perdarahan pada varises.

Penyakit sirosis yang menyebabkan hipertensi portal.

Sirosis merupakan peradangan kronis yang terjadi pada liver yang disebabkan oleh konsumsi minuman alkohol dan infeksi hepatitis, terutama hepatitis B dan C. alkohol tersebut secara perlahan merusak sel-sel liver dan menggangu fungsi hati.

Pada sirosis, timbul tingkatan lemak berlebihan di organ liver yang juga terjadi pada pasien yang menderita obesitas, hipertensi, korestrol tinggi, diabetes, dan kanker pangkreas.

Sirosis yang terjadi pada liver berdampak pada verises esofagus akibat gangguan pada vena porta. Aliran darah normal menuju liver menjadi terhalang akibat sumbatan di pembuluh darah sehingga menyebabkan varises.

Darah yang tersumbat alirannya itu akan semakin menekan pembuluh darah kecil yang sebenarnya tidak mampu menahan tekanan darah yang terlalu tinggi.

 

Tinggalkan Balasan

Comment
Name*
Mail*
Website*